Eksotisme Pedalaman Sumsel (Keindahan Air Terjun Desa Karang Dalam, Kab. Lahat)


Eksotisme Pedalaman Sumsel
(Keindahan Air Terjun Desa Karang Dalam, Kab. Lahat)
(By Adrian Fajriansyah 12/09/2012)

Gambar 1.  Air Terjun Bidadari Desa Karang Dalam, Kab. Lahat, Sumatera Selatan, Indonesia.

LAHAT.  Traveler, pada Trip Kita kali ini, saya akan berbagi pengalaman tentang keindahan alam kampung halamanku di Kab. Lahat, Sumatera Selatan.  Keindahan alam Sumsel khususnya Kab. Lahat tidak pernah ada matinya, namun sayang keindahan itu kurang publikasi, sehingga tidak banyak wisatawan yang mengetahui betapa eksotisnya pesona alam Sumsel.

Gambar 2.  Disekitaran objek wisata ini banyak bertebaran sampah yang dibuang sembarangan.

Gambar 3.  Kondisi jalur menuju objek wisata Air Terjun Bidadari.

            Lima hari setelah Idul Fitri, saya diajak oleh ayahku pulang kampung ke Desa Jati Lama, Kab. Lahat.  Liburan kali ini sudah saya rencanakan untuk menjelajahi pedalaman hutan di Kab. Lahat.  Jumat, 24 Agustus 2012, bersama adik sepupuhku Arie (19) yang merupakan warga asli Desa Jati Lama, kami berdua berangkat menuju hutan yang ada di Desa Karang Dalam, Kab. Lahat.  Desa Karang Dalam berjaraknya ± 10 menit menggunakan angkutan umum dari Desa Jati Lama.

Gambar 4.  Sungai dan hutan yang masih lestari, tampak sejuk dan nyaman.

Gambar 5.  Saudara sepupuhku Arie (19), sedang berpose dengan background Air Terjun Desa Karang Dalam pertama yang kami lihat.

            Tujuan perjalanan kami berdua adalah untuk menikmati keindahan pesona Air Terjun Bidadari Desa Karang Dalam.  Agar dapat melihat secara langsung air terjun tersebut, maka kami harus menjelajahi hutan dengan mengikuti jalur sungai.  Jalur sungai tersebut akan menuntun kami sampai ke Air Terjun Bidadari.

Selama perjalanan menjelajah hutan dengan menelusuri jalur sungai, banyak pengalaman indah yang kami lihat dan rasakan.  Perjalanan takkan terasa bosan karena alam sangat bersahabat, cuacanya cerah, dan pepohonan yang ada disekeliling memberikan keteduhan disetiap langkah kaki yang kami lakukan.  Siulan suara burung dari tengah hutan adalah hiburan musik gratis ditengah kesunyian hutan.

Gambar 6.  Air Terjun Desa Karang Dalam pertama yang kami nikmati.

Gambar 7.  Air Terjun Desa Karang Dalam kedua yang kami nikmati.

            Sungai disepanjang alirannya pun tak mau kalah, dengan menyuguhkan beberapa air terjun kecil nan indah.  Bebatuan sungai yang berjejer rapi namun alami begitu mempesona.  Riakan suara gemuruh air yang mengalir, memberikan efek rileksasi bagi kita yang menikmatinya.

Secara keseluruhan ada ± 5 buah air terjun disepanjang aliran sungai tersebut.  Air terjun pertama yang ditemui memiliki ketinggian sedang ± 6 meter, kedua memiliki bentuk unik berundak-undak namun tingginya hanya ± 1 meter, ketiga memiliki ketinggian yang cukup tinggi ± 8 meter, keempat ada anak air terjun yang tingginya hanya ± 2 meter, terakhir kelima destinasi utama yaitu Air Terjun Bidadari yang memiliki ketinggian ± 10 meter (paling tinggi).

Gambar 8.  Sepupuhku Arie (19), menikmati keindahan salah satu air terjun di Desa Karang Dalam.

Gambar 9.  Keunikan Air Terjun Karang Dalam kedua yang berbentuk berundak-undak.

Setiap air terjun memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing.  Tidak ada rasa jenuh tiap kali menikmatinya, bahkan akan bertambah penasaran, setelah melihat satu air terjun, pasti ingin melihat keunikan berbeda dari air terjun lainnya.

Kurang lebih 1 jam perjalanan dibutuhkan untuk menjelajahi hutan dan menelusuri sungai, guna melihat secara langsung keindahan Air Terjun Bidadari.  Air Terjun Bidadari adalah daya tarik utama dari tempat wisata di Desa Karang Dalam, Kab. Lahat.  Air Terjun Bidadari adalah air terjun tertinggi di daerah tersebut.  Keunikan lainnya adalah debit air yang sangat besar, di bawahnya terdapat sebuah danau yang cukup luas, dan dipinggiran danau terdapat bebatuan koral yang bejejer alami dengan rapi nan indah.

Gambar 10.  Air Terjun Desa Karang Dalam ketiga yang kami nikmati.

Gambar 11.  Arie sedang menikmati keindahan salah satu air terjun di Desa Karang Dalam.

Sayang sekali, karena mendokumentasikan keindahan air terjun adalah tujuan utama kami, tidak ada persiapan membawa pakaian ganti sebelumnya, sehingga kami tidak sempat untuk mencoba berenang di sana.  Menurut sepupuhku Arie (19), bila sedang ramai pengunjung, banyak sekali orang yang berenang di tengah danau di bawah air terjun tersebut.

Gambar 12.  Air Terjun Desa Karang Dalam ketiga, memiliki ukuran yang cukup tinggi.

Gambar 13.  Air Terjun Desa Karang Dalam keempat yang kami nikmati.

Kebutulan saat kunjungan kami bertepatan di musim kemarau, debit semua air terjun saat itu tidak terlalu besar atau bisa dikatakan kecil.  Akan tetapi, walaupun debit airnya kecil, keindahan pesona semua air terjun di pedalaman hutan Desa Karang Dalam tetap menakjubkan.

Gambar 14.  Jagalah selalu kelestarian hutan dan sungai di sekitar kita.

Gambar 15.  Air Terjun Bidadari Desa Karang Dalam, merupakan destinasi utama perjalanan wisata kami kali ini.

Gambar 16.  Air Terjun Bidadari Desa Karang Dalam adalah air terjun kelima yang kami nikmati.

Melihat keunikan dan keindahannya, maka Air Terjun Bidadari dapat menjadi rekomendasi tujuan wisata utama bagi anda yang akan berkunjung ke Kab. Lahat.  Jangan ragu untuk berwisata kepedalaman Sumatera Selatan, karena banyak sekali hal menarik yang bisa anda temui di sana.

Ayo Disiplin, Jangan Buang Sampah Sembarangan!!!

Gambar 17.  Keunikan Air Terjun Bidadari Desa Karang Dalam adalah ukurannya yang sangat tinggi, bebatuan koral berjejer rapi di sekitarnya dan danau kecil di bawahnya.

Sedikit kritik, yang cukup disayangkan dari tempat yang eksotis ini, adalah kurangnya perhatian pemerintah dalam menggarap tempat wisata yang ada di daerahnya.  Padahal, pedalaman Desa Karang Dalam yang memiliki sejuta pesona air terjun itu, memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata andalan bagi pemerintah Kab. Lahat.  Kalau saja pemerintah setempat mau lebih serius menggarapnya, bukan tidak mungkin pesona Air Terjun Bidadari akan menarik ratusan bahkan ribuan wisatawan untuk berkunjung ke sana.  Bila wisatawan banyak berkunjung, maka roda perekonomian di Kab. Lahat, khususnya di Desa Karang Dalam akan meningkat, sehingga berdampak pula pada peningkatan kesejaterahan masyarakat setempat.  

Gambar 18.  Air Terjun Bidadari salah satu pesona wisata dari pedalaman Sumatera Selatan.

Menurut Ari (19) sepupuhku, dia berkata bahwa dulu tempat tersebut pernah didatangi oleh pihak pemerintah, sehingga kemudian dibuat akses jalan setapak untuk wisatawan, agar lebih mudah mengakses menuju Air Terjun Bidadari, namun sampai saat ini proyek itu tampaknya berhenti di tengah jalan, sehingga jalan yang sudah pernah dicoba dibuat kembali ditumbuhi ilalang, maka kembalilah spot wisata potensial itu tersembunyi di pedalaman hutan Desa Karang Dalam.

Gambar 19.  Pesona wisata Air Terjun Bidadari yang potensial, namun kurang perhatian dari pemerintah setempat.

Satu lagi yang cukup memperihatinkan, adalah kebiasaan jorok membuang sampah sembarangan oleh warga setempat, maupun wisatawan dari luar yang berkunjung ke lokasi wisata Air Terjun Bidadari.  Kebiasaan buruk membuang sampah sebarangan itu, telah merusak keindahan juga kebersihan pemandangan alam hutan, sungai dan air terjun di sana.  Sepatutnya orang-orang yang akan berkunjung baik ke lokasi wisata Air Terjun Bidadari, maupun tempat wisata di mana pun berada, harus lebih disiplin untuk tidak membuang sampah sembarangan, agar tercipta keindahan serta kebersihan alam yang alami dan bisa terus menjaganya.

Gambar 20.  Aku menikmati keindahan Air Terjun Bidadari.

Gambar 21.  Penulis sedang narsis di depan objek wisata Air Terjun Bidadari, Kab. Lahat.

Perlu diingat di mana pun kita berada, baik itu dilokasi wisata, maupun di tempat umum di mana pun juga, kita harus tetap menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar kita.  Tidak membuang sampah sembarangan, adalah sebagian kecil dari cara kita untuk berkontribusi menjaga alam.  Go Green adalah semboyan hidup yang lagi populer saat ini, akan tidak efektif bila kita semua hanya berseruh dan bersorak Go Green saja, kita harus berkontribusi nyata.  Kebersihan lingkungan dimulai dari diri kita, rumah kita, lingkungan tempat tinggal kita, hingga yang lebih luas adalah dunia/bumi sebagai planet kita.  Ingatlah untuk tidak membuang sampah di mana pun kita berada, karena keindahan dan kebersihan itu adalah sebagian dari Iman.  Tuhan sangat senang dengan sesuatu yang indah dan bersih.

Tips dan Trik ke Air Terjun Bidadari Desa Karang Dalam, Kab. Lahat

Transportasi dan Akomodasi:

  • Transportasi >> Bus antarkota: tersedia rute Trans Sumatera, Palembang – Pagaralam via Palembang, Lahat – Pagaralam via Lahat, Pagaralam – Lahat via Pagaralam, atau anggutan umum antar desa di Lahat.
  • Akomodasi >> Menginap: di Lahat (Jalan Stasiun Lama).
About these ads

25 Komentar

Filed under Dunia Fotografi, Indonesia Di Dada Ku, Kisah Dan Pengalaman Ku

25 responses to “Eksotisme Pedalaman Sumsel (Keindahan Air Terjun Desa Karang Dalam, Kab. Lahat)

  1. Kereeen.. Jauh ga dari Palembang?
    Ntar kalo udah balik ke Palembang pengen main kesana ah..
    Makasih referensinya..

    • cukup jauh.. sekitar kurang lebih 5 jam perjalanan dari Palembang…

      Lokasinya di kabupaten Lahat.. ^_^

      tapi puas koq, walau jauh, pemandangan alam di sana keren.. anda bisa jalan2 melihat keindahan sungai lematang, bukit selero (gunung telunjuk), setius megalit, air terjun2 ini, dan bila ingin menikmati suasana pegunungan tinggal jalan sedikit lagi (sekitar2 jam perjalanan) menujuh gunung Dempo di Pagaralam (ada kebun teh, dll)..

      semoga berkenan berkunjung ke sini.. ^_^

  2. wah foto2nya mungkin kelihatan biasa, tapi sungguh hidup dan menyihir yang melihatnya…
    keren mas!

  3. bang, mungkin lebih asik kalau blognya disebut sebagai pesona sumatera selatan, biar gak terkesan palembang melulu…

    nice blog! inspiring banget nih buat menghabiskan liburan di sumsel.. :D

    • hehehe… kyknya belom pantas klo disebut Pesona Sumsel, karena perbandingan materi artikelnya masih banyakkan yg membahas tentang wisata di Palembang, dibandingan dengan pariwisata di Sumsel///
      So, untuk saat ini masih Pesona Palembang, tapi suatu saat bukan tidak mungkin menjadi Pesona Sumsel, Pesona Indonesia, atau Pesona Dunia,, seiring semakin seringnya saya melakukan perjalanan, maka materi artikel wisata pun akan semakin luas dan lengkap, sehingga baru pantas blog ini dirubah namanya… ^_^

      Terima kasih banyak yah udah mau repot2 mau berkunjung ke “gubuk deritaku” ini… hehehe

  4. Tabea tamang… Nice blog. Saya suka ini. Terima kasih telah datang ke Kota Manado di Sulawesi Utara lewat Weblog Tabea Tamang di http://tabeatamang.wordpress.com Salam kenal untuk Anda. Jayalah Indonesia lewat pesona wisata Palembang dan Manado.

    • Lewat blog kita bisa keliling Indonesia dan Dunia gan.. hehehe

      Terima kasih sudah mau berkunjung ke blog saya.. suatu kehormatan bagi saya..

      semoga dengan adanya blog kita bisa saling berbagi informasi yang bermanfaat…

      Dan harapan kita semoga pariwisata di Indonesia khususnya Palembang dan Manado bisa lebih terkenal dan mendunia… ammiiiinnn…

      ^_^

  5. Alam

    keren gan hehe.. slm kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s