Bruce Lee,, You are my idol…


Bruce Lee adalah salah satu master seni beladiri. Tinggi badan 5 setengah kaki dengan berat 135 pon. Menciptakan seni beladiri JKD (jeet kune do) yang di dapat dari penelitiannya berdasarkan ilmu fisika Newton dan teknik serta prinsip olah raga anggar Eropa dan tinju ala Barat, prinsip seni bela diri ini adalah menahan serangan kepalan tangan atau kaki. “Seranganmu memberikanku kesempatan untuk menahanmu”, kata Bruce Lee. Gerakannya sangat cepat, sehingga dalam film-filmnya para editor harus memperlambat film agar semua penonton dapat melihat gerakan-gerakan Bruce Lee.

Dan berikut ini beberapa rahasia tentang Bruce Lee yang mungkin belum Anda tau….

check this…MENARIK BANGETT!!

1. Bruce Lee memiliki cacat bawaan: kaki yang panjang sebelah dan testis yang besar sebelah.

2. Bruce Lee sebenarnya pake kacamata yg cukup tebal, dan dia menggunakan soft lens. Ternyata di Amerika soft lens sudah ada pada waktu itu.

3. Bruce Lee bukan 100% Chinese, ibunya Grace Lee adalah blasteran chinese & german, jadi bisa dikatakan Bruce Lee memiliki 1/4 darah Jerman.

4. Bruce Lee pertama kali tampil dalam film pada umur 3 bulan. Ia dibawa ayahnya, seorang yg cukup terkenal dalam Chinese Opera untuk tampil pada film pertamanya.

5. Dalam suatu lelang, sebuah surat tulisan tangan Bruce Lee untuk memotivasi dirinya sendiri dengan judul
“My Definite Chief Aim” terjual seharga US$29,500.

6. Kecepatan pukulan Bruce Lee adalah 1/500 detik dari jarak sekitar 1 meter ke targetnya.

7. Bruce Lee seorang yang sangat kuat untuk ukurannya, dia dapat melakukan pull up 50 kali dgn satu tangan. Bolo Yeung (aka Chong Lee)tidak pernah menang panco lawan Bruce Lee.

8. Bruce Lee dapat melakukan push up dgn satu tangan hanya dgn 2 jari (telunjuk dan jempol) dan terkadang dengan dua tangan, namun hanya menggunakan jempol saja.

9. Bruce Lee mempopulerkan teknik ‘one inch punch’ yaitu tinju dari jarak 1 inci, dan pada satu turnamen karate, dia mempraktekannya pada seorang juara judo asal Jepang yang memiliki berat sekitar 100 kg. Di sini terlihat pejudo itu ditinju dari jarak 1 inci sampai terangkat kedua kakinya dari lantai.

10. Pada umur 13 tahun Bruce Lee berguru pada Yip Man untuk belajar Wing Chun karena pada waktu itu ia ikut geng dan sering berantem dgn geng lain.

11. Ada tiga murid Bruce Lee yg pernah memenangkan World Karate Championship: Chuck Norris, Joe Lewis dan Mike Stone.

12. Bruce Lee hanya memiliki 1% body fat, dimana seorang pria normal umumnya memiliki sekitar 15 – 20% body fat.

13. Di Amerika Bruce Lee mengajarkan kung fu kepada semua ras dgn tidak pilih2, dan karena itu dia ditantang oleh perguruan kung fu lain dgn tuduhan membocorkan rahasia Chinese Martial Art kepada ras lain. Bruce Lee menerima tantangan itu dan menghajar wakil dari perguruan tsb dalam waktu 3 menit. Bruce Lee kecewa, menurut dia perkelahian haruslah berlangsung dalam beberapa detik. Dari sini dia mulai berlatih lebih keras lagi, dan menemukan konsep “Jeet Kune Do”.

14. Film Dragon The Bruce Lee Story yg diperankan Jason Scott Lee adalah film yang sangat tidak akurat dalam menggambarkan cerita nyata Bruce Lee. Di film itu Bruce Lee ditendang punggungnya, menjadi lumpuh dan harus duduk di kursi roda. Dalam kejadian nyata, cedera Bruce Lee disebabkan karena ia berlatih dgn beban yg terlalu berat dan menyebabkan cedera tulang belakang, dan sebenarnya dia tidak pernah duduk di kursi roda.

15. Dalam istirahat dari cedera tulang belakangnya Bruce Lee selama 6 bulan, terciptalah buku “Tao of Jeet Kune Do” yg menjadi best seller.

16. Beberapa waktu sebelum kematian Bruce Lee, pa qua (sejenis jimat yg dipercaya dapat menangkal evil spirits) pada rumah Bruce Lee jatuh tertiup angin.(itu hanya tahayul…don’t believe it)

17. Pada otopsi kematiannya, ditemukan kandungan hasish/ganja pada tubuh Bruce Lee.

18. Bruce Lee remaja pernah memenangkan Hong Kong Cha Cha Championship.

19. Salah satu collector Bruce Lee terbesar di dunia adalah seorang Spanyol bernama Michael Tudela.

20. Dari semua film Bruce Lee yang ada, hanya Way Of The Dragon yang benar2 menggambarkan Bruce Lee secara keseluruhan. Di film ini Bruce Lee mengambil alih semua aspek dari directing sampai mengisi musik. Ia memainkan salah satu perkusi dalam musik awal film ini. Di film ini musuh akhir Bruce Lee adalah Chuck Norris, Ia mengambil lokasi di Roma, Italia. Pada klimaks nya Bruce Lee bertarung dgn Chuck Norris dgn latar colloseum, ( yang sebenarnya palsu dan buatan tangan di Hong Kong), karena mereka tidak diijinkan untuk shooting di dalam colloseum yg asli.

21. Setelah kematian Bruce Lee, munculah Bruce2 yg lainnya, diantaranya: Bruce Li, Bruce Liang, Bruce Lo, Bruce Lai, Bruce Lau, Bruce Lei, Bruce Ly, dll.

22. Jacky Chan waktu belum ngetop tampil dlm beberapa film Bruce Lee sebagai figuran dan juga stuntman

23. Dalam set film Enter The Dragon, seorg figuran menantang Bruce Lee utk berkelahi, menurutnya Bruce Lee hanya jago dalam film saja. Hasilnya, ia menyerah dalam beberapa detik. Kabarnya gambar ini adalahgambar asli dari perkelahian tersebut.

24. Bruce Lee tidak melakukan gerakan2 akrobat dalam filmnya, semua gaya akrobatik diperankan oleh stuntman, termasuk tendangan sabit ala Guile Street Fighter dalam film Enter The Dragon yg terkenal ini kabarnya dilakukan oleh stuntman.

25. Dalam film Game of Death, diceritakan tokoh Bruce Lee (Billy Lo), seorg aktor laga yg terkenal sedang shooting, dalam sebuah pengambilan gambar ada adegan dimana ia ditembak. Seorg stuntman yg menyamar menyabotase dgn menggunakan peluru betulan. Namun di film ini Billy Lo hanya terserempet saja, pura2 mati dan balas dendam. Sounds familiar? Ya, Brandon Lee, putra satu2nya Bruce Lee, dalam shooting film The Crow tewas tertembak peluru betulan yg seharusnya peluru kosong. Kebetulan yang fenomenal.

26. Banyak org menyangka film Game of Death adalah film terakhir Bruce Lee, sebenarnya film ini dibuat sebelum Enter the Dragon, namun sebelum diselesaikan, Bruce Lee ditawari Warner Bros utk menggarap film martial arts terbesar saat itu: Enter the Dragon, dan Bruce Lee menerima tawaran ini dan menunda shooting Game of Death. Film asli Game Of Death garapan Bruce Lee hanya berdurasi 20 menit, ia keburu tewas sebelum melanjutkan shooting film ini. Di film ini ia main dgn salah seorg muridnya, pemain basket NBA yg terkenal Kareem Abdul Jabar.

27. Peragaan 1 inch punch dalam turnamen lainnya, di sini terlihat seorg karateka mencoba teknik ini, namun tidak bisa, dan ketika giliran Bruce Lee….

28. Bruce Lee sangat senang bercanda dan show off pada movie set. Dalam salah satu break shooting episode Green Hornet, dia melakukan tendangan ke arah kepala seorg crew dari belakang, di saat bersamaan si crew itu membalik dan terkena tendangan Lee. Ia menderita dislocated jaw dan dibawa ke RS terdkt.

29. Salah satu adegan favorit Bruce Lee adalah menendang bohlam lampu sambil meloncat. Dalam film Marlowe (1969) ketika belum begitu dikenal, ia melakukan adegan ini, dan kemudian mengulangi kembali sequence ini dalam film garapannya sendiri ‘Way of the Dragon’ (1972).

30. Dalam film Enter the Dragon, Bruce Lee mengalami kesialan, diantaranya:dalam adegan dimana Bob Wall menyerang Lee dgn botol pecah, tanpa sengaja tangan Bruce Lee terkena dan mengalami luka sobek yg cukup dalam sehingga harus dijahit. Dan dalam adegan Bruce Lee menangkap ular cobra, dia terkena gigitan, untungnya bisa ular itu sudah dihilangkan. Yang paling sial adalah Bruce Lee meninggal sebelum film ini diputar utk publik, jadi dia tidak tahu betapa suksesnya film ini yg menjadi icon martial arts movie sepanjang sejarah 20th century.

31. Banyak yg tidak tahu bahwa Samo Hung pernah main satu scene dgn Bruce Lee dalam film Enter the Dragon. Untuk ukuran segemuk itu, Hung cukup lincah dan mampu melakukan back flip. Adegan ini ditaruh di depan film Enter the Dragon, namun sebenarnya adegan ini di-shoot terakhir dalam film. Bisa dilihat Bruce Lee lebih kurus di adegan ini dibandingkan scene lain dr film yg sama, karena overwork dan kurang tidur, mungkin kurang makan juga

32. Adegan klimaks ‘mirror room’ dalam film Enter the Dragon idenya ditemukan dgn tidak sengaja. Ketika itu director Robert Clouse sedang mikir adegan apa yg bagus utk klimaks film ini. Secara kebetulan, ia sedang makan di China Town, ia melihat kaca2 dan org yg lewat di situ terlihat jadi bagus dan unik gerakannya. Dia lalu mengaplikasikannya pada film.

Tinggalkan komentar

Filed under Idola Ku Inspirasi Ku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s