Pengalaman Pertama


KISAHKU YANG AKU ANGGAP LUCU

Pelajaran hari ini, “Jadi manusia itu harus Pede terhadap segala hal, karena apa yg kita pikirkan belum tentu sama dengan yang orang lain pikirkan, dan juga apa yg kita nilai belum tentu sama dengan penilaian orang lain.”

Dunia ini “Panggung Sandiwara” seperti kata God Bless. Penuh dengan kisah ada suka, duka, ceria, bahagia, sedih, menderita, senang dan konyol.

Salah satu kisah itu adalah cerita yang terjadi dalam hidupku.

Yah cerita yg bagiku ini sangat lucu dan konyol.

Hari ini minggu tanggal 17 Oktober 2010 pukul 14:30 wib tiba-tiba temanku Kgs. M. Habibillah menelponku dan berkata bahwa fotoku Juara 1 dalam lomba fotografi tingkat Unsri dalam rangka HUT Pers Gelora Sriwijaya yang ke 17. Aku terkejut mendengar berita itu dan menanyakannya lagi, ehh ternyata foto yg menang bukan atas namaku melainkan atas nama temanku si Habibillah itu..

Ceritanya begini, suatu ketika aku mendapatkan kabar dari temanku Alma tentang adanya lomba fotografi yang diadakan oleh Dewan Pers Unsri dalam rangka Hut mereka yang ke 17. Lomba fotografi itu sendiri bertema Back To Nature, sotak saja aku ingin sekali mengikuti lomba tersebut.

Dunia fotografi sendiri baru aku tekuni setahun belakangan ini, sampai sekarang pun kemampuanku masih sangat biasa-biasa saja, dan akupun terkadang kurang Pede dengan hasil jepretanku apalagi kamera yang aku gunakan hanya sekelas Prosumer saja. Namun kali ini aku ingin sekali mencoba ikut berkompetisi dalam sebuah even lomba fotografi seperti ini, setidaknya dengan ikut lomba ini aku mendapatkan banyak pengalaman walaupun nanti hasilnya tidak memuaskan atau kalah.

Esok harinya aku ceritakan kepada temanku Kgs. M. Habibillah ini kalau aku berniat ikut lomba tersebut, aku ingin mendapatkan pengalaman dari mengikuti lomba seperti demikian. Lomba itu sendiri bukan untuk kalayak umum hanya sebatas mahasiswa saja terutama mahasiswa Unsri itu sendiri, justru karena sebatas untuk mahasiswa itu sajalah yang membuat aku berniat ikut berpartisipasi dalam lomba ini (setidaknya ada sedikiti peluang untuk masuk 3 besar,, hehehe).

Temanku Abi (nama panggilan Kgs. M. Habibillah) sangat mendukung aku untuk mengikuti lomba ini, tapi aku bingung foto yang mana yang akan aku kirimkan dalam lomba tersebut, aku berniat mengirimkan Foto Panorama Danau di Kab. Linggau yang jarang diketahui orang karena foto itulah yang aku nilai hasil jepretanku yang paling bagus dan aku pikir foto itulah yang bisa sedikit berkompetisi dalam lomba semacam ini tapi temanku Abi malah memilih fotoku yang bertemakan Jembatan Gantung yang aku ambil di desaku Dusun Jati Lama Kab. Lahat, Foto Jembatan Gantung itu memang lebih berkesan Back To Nature hanya saja aku pikir foto itu terlalu sederhana dan aku nilai kurang mampu untuk berkompetisi dalam suatu lomba apalagi foto tersebut pernah aku upload di FB dan mendapat tanggapan kurang bagus dari salah satu orang yang cukup ahli dalam bidang fotografi jadilah aku semakin kurang yakin dengan foto tersebut (Foto Jembatan Gantung).

Foto Pesona Danau Linggau, yang tadinya jadi andalanku (malahan tidak menang bahkan 3 besarpun tak masuk)

Lalu aku punya rencana untuk mengirimkan 2 foto dalam lomba tersebut namun tidak jadi karena aku pikir akan sangat malu nantinya apabila kedua fotoku itu gagal dalam lomba tersebut (sudah mengirimkan banyak karya tapi tak ada satupun yang menjadi juara pasti nanti kata orang betapa tamaknya aku yang sangat ambisius mengicar kemenangan).

Akhirnya supayah kedua karyaku itu tetap bisa mengikuti lomba tanpa harus terlihat bahwa aku sangat ambisus mengincar kemenangan aku punya ide untuk mengirimkan Foto Jembatan Gantung itu atas nama Kgs. M. Habibillah. Aku tawarkan rencana itu kepada temanku Abi, dan dia setujuh saja dengan rencana itu.

Hari senin tanggal 11 Oktober 2010 ku suruh Abi ke rumahku untuk mempersiapkan diri guna mengikuti lomba tersebut.

Besoknya hari selasa tanggal 12 Oktober 2010 ku cetak kedua fotoku yang akan mengikuti lomba tersebut, kedua foto itu adalah Pesona Danau Linggau (yang menjadi andalanku) dan Jembatan Gantung Di Lahat (pilihan Abi yang akan dikirimkan atas namanya). Saat di tempat percetakan foto, foto Jembatan Gantung tersebut sempat akan ku batalkan untuk di cetak karena harga cetak 10R yang sangat mahal seharga Rp 8500/foto dan hari itu aku harus mencetak 4 foto 10R sebab panitia memintak foto hasil karya peserta dikirim dalam 2 rangkap, aku yang tidak punya uang lagi saat itu, bingung apakah harus dicetak atau batalkan saja  Foto Jembatan Gantung itu tapi aku sudah terlanjur berjanji kepada Abi untuk mencetak foto itu akhirnya dengan uang pas-pasan tetapku cetak Foto Jembatan Gantung itu.

Sesampai di kampus aku berdua dengan Abi langsung segera mengirimkan foto hasil karyaku itu (yang satu atas namaku dan satu lagi atas nama Kgs. M. Habibillah). Saat ke tempat pendaftaran panitia tak ada di tempat, lalu kami kembali lagi ke jurusan, tak lama kemudian kami telpon lagi dan panitia sudah ada ditempat lalu ku suruh Abi untuk menyerahkan kedua foto itu ke panitia, namun hanya Abi yang ke sana tanpa ditemani aku karena aku pergi sholat terlebih dahulu, dengan sedikit cemberut Abi pergi sendiri mengirimkan foto yang akan kami kompetisikan dalam lomba tersebut.

Selesai mengirimkan lomba itu kami pulang karena tak ada lagi yang harus dilakukan di kampus.

Lama menunggu berita tentang hasil penilaian foto itu, kami berdua sering berhayal berharap nantinya kedua foto itu masuk 3 besar dalam lomba tersebut atau paling tidak ada salah satu masuk 3 besar walaupun bukan atas namaku.

Aku sempat Pede sekali dengan foto di Linggau itu, namun setelah aku pikir lagi aku kurang yakin karena aku pikir pasti hasil karya orang lain akan jauh lebih bagus, dan aku lebih tidak yakin lagi dengan foto Jembatan Gantung itu sebab foto itu sangat sederhana.

Dalam hatiku berpikir tak apa bila nantinya kalah, sebab ini adalah untuk pertama kalinya aku mengikuti lomba fotografi, yah ini partisipasiku untuk pertama kalinya dalam even fotografi semacam ini, paling tidak bila harus kalah aku bisa mendapatkan pengalaman dan tahu sebatas mana tingkat perbandinganku dengan orang lain di luar sana.

Singkat cerita hari ini, hari minggu tanggal 17 Oktober 2010 pukul 14:30 wib Abi mengabarkan bahwa fotoku juara 1 dalam Lomba Fotografi itu, aku terkejut, lalu aku bertanya foto yang mana yang menang ternyata foto yang menang adalah Foto Jembatan Gantung itu.

Dalam hatiku campur aduk, ada sedih bukan foto andalanku yang menang, namun aku juga bahagia dan deg-degan karena karya hasil jepretanku menang dalam lomba dan juara 1 pula. Foto Jembatan Gantung yang tadinya hampir tidak jadi aku cetak, hampir tidak jadi aku ikutkan dalam Lomba itu eeh ternyata akhirnya Foto itulah yang menang. Walaupun sertifikat lomba tertulis nama Kgs. M. Habibillah sebagai pemenang lomba fotografi tingkat Unsri tapi aku tetap bangga karena hasil karyaku lah yang menang dan di hargai orang lain, tak masalah namaku tak dikenal orang yang penting karyaku dihargai dan disukai orang lain itu saja sudah membuat hatiku sangat senang dan berbunga-bunga.. ^_^

Aku bayangkan betapa deg-degannya Abi di sana saat namanya dipanggil sebagi Juara Pertama dalam Lomba Fotografi itu, aku saja yang tidak menang dan hanya mendengarkan kabar lewat telpon sangat deg-degan.. hehehe (karena ini Pengalaman Pertamaku)

Dengan kebesaran hatinya temanku Abi akhirnya memberikan Piala Kemenangannya kepadaku, Piala Juara 1 Lomba Fotografi Dewan Pers Unsri diantarkan langsung Abi ke rumahku karena katanya itu sebenarnya jadi milikku walaupun dengan jelas di sertifikat itu yang tertera Juara 1 Lomba Fotografi adalah Kgs. M. Habibillah.

Terima kasih Kgs. M. Habibillah sudah dengan besar hati memberikan Piala ini kepadaku karena dengan ini aku semakin bersemangat untuk mendalami dunia Fotografi ini. Dunia Fotografi adalah dunia baru bagiku yang sangat menyenangkan dan akan lama aku berada di sana karena di dunia ini aku tak akan pernah menemukan kebosanan (insyaAllah)..

Sangkin bangga dan bahagianya aku foto Jembatan Gantung itu aku cetak lagi dalam ukuran 10R dan aku belikan bingkai “murah” untuk memajangnya di rumah biar ini jadi sebuah kenangan dan cerita untuk anak cucuku nanti.. hehehe

Dan dengan hasil ini juga aku bercerita dengan bangga kepada kedua orang tuaku bahwa anaknya ini juga bisa berprestasi dan membanggakan mereka.. hehehe

Dari Lomba kecil (sebatas kampus Unsri) ini semoga nantinya bisa terus meningkat ke tahap yang lebih besar.. amin (Insyaallah bisa)..

No bad lah hasilnya untuk kompetisi yang baru pertama kalinya aku ikuti ini.. Alhamdulillah..

Pengalaman Pertamaku yang sangat mengesankan.. ^_^

Inilah Foto Jembatan Gantung, foto yang hampir tak jadi aku cetak inilah yang jadi Juara 1 Lomba Fotogarfi Dewan Pers Unsri 2010, padahal ini foto yang sangat tidak aku andalkan karena penilaianku yang menganggap ini sangat biasa.

Tak perlu kau mencari ketenaran..

Tak perlu namamu terkenal namun nantinya dilupakan..

Berikan karya terbaikmu kepada dunia agar semua orang bisa menikmatinya..

Dengan karya itulah namamu akan dicari..

Dan terus dikenang juga dihargai orang lain walaupun kau sudah tak ada nanti..

By Adrian Fajriansyah (17/10/2010)

2 Komentar

Filed under Dunia Fotografi, Kisah Dan Pengalaman Ku

2 responses to “Pengalaman Pertama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s