Jenis Dinosaurus Yang Belum Pernah Kita Ketahui


 

Siapa yang tidak tahu tentang dinosaurus? Hewan prasejarah ini merupakan makhluk yang membuat saya kagum ketika saya masih kecil. Saya sempat tidak mempercayai jika makhluk luar biasa ini pernah hidup di muka bumi puluhan juta tahun yang lalu. Well, mungkin selama ini, kita hanya mengetahui dinosaurus – dinosaurus yang terkenal macam T-Rex, Triceratop, V-raptor, Brachiosaurus, Plesiosaurus, dan lainnya. Namun, pernahkah kalian melihat dinosaurus berikut ini ? Gambar ilustrasi ini merupakan hasil rekonstruksi dari fosil yang ditemukan.
Amargasaurus
Dinosaurus yang diperkirakan hidup sekitar 130 – 125 juta tahun yang lalu, Si Argentina ini memiliki keunikan tersendiri pada tubuhnya. Sesuai hasil rekonstruksi fosilnya, dinosaurus ini memiliki 2 baris duri di sepanjang leher hingga punggungnya.

Para peneliti belum memiliki jawaban atas fungsi dari duri tersebut, namun mereka memperkirakan bahwa duri – duri itu berfungsi sebagai pertahanan diri dari predator.

 

Carnotaurus

Pasti sebagian dari pembaca pernah melihat dinosaurus ini. Ya, sosok dinosaurus karnivora ini pernah muncul dalam film animasi Dinosaurs. Dinosaurus yang diperkirakan hidup sekitar 82 – 67 juta tahun yang lalu ini memiliki semacam tanduk di atas matanya.

Layaknya T- Rex, Carnotaurus juga memiliki tangan yang berukuran kecil. Dinosaurus karnivora ini merupakan predator utama pada masanya, namun peneliti beranggapan bahwa ukuran tubuh Carnotaurus lebih kecil dari T- Rex.

 

MASIAKASAURUS

Dinosaurus karnivora ini diperkirakan hidup sekitar 70 – 65 juta tahun yang lalu. Keunikan dinosaurus ini ada pada susunan giginya yang tak beraturan, meskipun begitu dinosaurus ini tetap menyeramkan ,kan?

Fosil dinosaurus ini ditemukan di Madagaskar. Menurut peneliti dari University Of Utah, dinosaurus ini mungkin saja hidup berkelompok dan berburu hewan lain yang lebih besar. Seperti kita lihat fosilnya, tampak hanya beberapa gigi yang masih tersisa, mungkinkah rekonstruksi fosil ini sudah benar ?

 

TUOJIANGOSAURUS

Dinosaurus yang satu ini lebih mirip kendaraan tempur bagi saya. Jika kita lihat pada gambar, ada beberapa duri yang terdapat disamping tubuh dan ekornya. Dinosaurus yang diperkirakan hidup di China sekitar 161 – 155 juta tahun yang lalu ini sepertinya masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan stegosaurus, mungkin saja sepupunya.

Dinosaurus ini tampak begitu unik dengan duri di samping tubuhnya, peneliti berpendapat bahwa layaknya stegosaurus, dino ini menggunakan duri itu sebagai pertahanan diri. Menurut saya, gambar dinosaurus ini begitu mirip dengan stegosaurus, apakah fosil duri yang direkonstruksi oleh para ahli itu benar milik Tuojiangosaurus ini? entahlah…

 

DEINOCHEIRUS

Hewan prasejarah yang hidup sekitar 70 juta tahun yang lalu ini memiliki keunikan pada tangan dan cakarnya. Fosil dinosaurus yang ditemukan di daerah Mongolia ini diperkirakan berjenis karnivora.

Berdasarkan ukuran fosil tangannya yang ditemukan, para peneliti memperkirakan hewan ini memiliki tinggi 12 meter dan menggunakan tangannya sebagai senjata dan untuk mengambil sesuatu seperti makanan atau mencuri telur.

Gambar diatas sebenarnya hanyalah ilustrasi, karena peneliti hanya menemukan fosil tangannya saja, jadi bentuk tubuhnya masih menjadi misteri sampai saat ini.

 

DRACOREX

Fosil hewan ini ditemukan di Amerika Utara dan diperkirakan hidup sekitar 67 – 65 juta tahun yang lalu. Bentuk kepalanya yang unik diperkirakan sebagai senjata untuk pertahanan diri. Bila merasa terancam, dracorex akan “menyeruduk” musuhnya hingga terkapar.

Nama Dracorex diberikan karena bentuk tengkoraknya yang mirip dengan makhluk mitologi naga. Tidak banyak informasi mengenai fosil ini, namun jika melihat dari bentuk kepalanya, mungkin dinosaurus ini termasuk herbivora.
EPIDENDROSAURUS

Dinosaurus ini berukuran kecil dan mempunyai jari yang memanjang. Fosilnya ditemukan di daerah China dan diperkirakan hidup sekitar 160 juta tahun yang lalu.

Peneliti belum bisa memastikan fungsi dari jari yang memanjang dinosaurus yang berukuran kecil ini, namun bisa dipastikan jika hewan ini hidup berkelompok.

 

STYRACOSAURUS

Jika kalian menganggap triceratop adalah dinosaurus bertanduk paling mengagumkan, maka perkenalkan dengan Styracosaurus ini. Dengan tanduk yang berukuran besar, dinosaurus ini mampu membuat seekor T – Rex tidak berdaya jika diserang olehnya.

Oh ya, fosil hewan ini ditemukan di Amerika Utara dan diperkirakan hidup sekitar 75 juta tahun yang lalu. Seperti triceratop, styracosaurus merupakan dinosaurus herbivora, namun saya belum menemukan informasi mengenai ukuran dinosaurus ini.
Itulah beberapa dinosaurus yang memiliki keunikan dan mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya. Saya benar – benar kagum dengan keanekaragaman fauna – fauna prasejarah, alangkah indahnya kehidupan pada masa mereka, namun sayangnya kita tidak bisa melihatnya lagi layaknya di film Jurassic Park. Apa boleh buat, mereka mempunyai masa – masa jaya ketika mereka hidup, dan ketika mereka telah digariskan untuk punah, maka kita harus menghargai keputusan-Nya karena hal tersebut merupakan yang terbaik bagi kelangsungan hidup selanjutnya di bumi. Tidak terbayang bukan jika mereka semua masih eksis hingga sekarang?

1 Komentar

Filed under Berita UpDate, Perkembangan Ilmu Pengetahuan

One response to “Jenis Dinosaurus Yang Belum Pernah Kita Ketahui

  1. Lake Seng Dawane 50 Meter Ta DinosaurusešŸ˜€ ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s