Pembukaan Pekan Budaya Dan Penyerahan Api Obor Sea Games


Pembukaan Pekan Budaya Dan Penyerahan Api Obor Sea Games

(By Adrian Fajriansyah 10/11/2011)

Gambar 1.  Foto Karya Saya Yang Digunakan Pada Slide Projector Saat Pembukaan Pekan Budaya 2011

 

Gambar 2.  Foto Slide Projector Saat Pembukaan Pekan Budaya 2011 Dimana Foto Karya Saya Tampil Di Sana

 

Gambar 3.  Foto Gelora Sriwijaya Stadium Karya Saya

 

Gambar 4.  Foto PSCC Saat Pertandingan Voli Klub Asia Tempo Hari, Karya Saya

            Malam ini saya berniat untuk ke BKB melihat Pameran Arkeologi Palembang 2011, sesampai di BKB saya takjub karena malam itu begitu ramai stan-stan pameran mulai dari kuliner khas, pakaian dan sebuah panggung berukuran sedang.

Berkeliling sejenak melihat keramaian BKB malam itu, saya mampir ke halaman panggung dan bertanya kepada seorang bapak acara apa gerangan yang akan digelar, sang bapak menjawab akan dilaksanakan pembukaan Pekan Budaya, Festival Kuliner, Festival Fashion dan Penyerahan Obor Sea Games kepada bapak Walikota Palembang yang sekaligus akan membuka secara resmi semua acara tersebut, acara ini sendiri konon akan dihadiri oleh Menteri dan perwakilan 10 negara peserta Sea Games 2011.

Gambar 5.  Persiapan Pembukaan Pekan Budaya 2011

 

Gambar 6.  Keramaian Saat Pembukaan Pekan Budaya 2011

 

Gambar 7.  Panggung Yang Akan Digunakan Pada Pembukaan Pekan Budaya 2011

            Setelah berbicara singkat dengan sang bapak, mata saya terfokus kepada sebuah gambar projector yang menampilkan slide yang berisis “Welcome To Palembang City, The Open Ceremony Of The  Sea Games 2011, JSC Palembang-Indonesia, November 11, 2011” dengan menampilkan dua buah foto venue Sea Games yang akan digelar di Palembang, yaitu JSC (Foto Gelora Sriwijaya Stadium) dan PSCC (Palembang Sport And Convetion Center) sekilas foto tersebut tidak asing bagi saya dan rasanya saya sering melihat foto tersebut, setelah saya teliti lagi foto tersebut sangat persis dengan foto hasil karya saya sendiri, tidak lama kemudian teman saya Abi (Kgs M Habibillah) datang, saya langsung bercerita mengenai foto di slide tersebut, Abi pun langsung melihat dan menelitinya dengan yakin Abi pun berkata bahwa itu memang foto karya saya.

Gambar 8.  Tampak Slide Projector Menampilkan Dua Foto Karya Saya

Gambar 9.  Bangku Kehormatan Yang Katanya Juga Akan Dihadiri Menteri Dan Perwakilan 10 Negara Peserta Sea Games 2011

Gambar 10.  Sekali Lagi Foto Saya Ditampilkan Saat Pembukaan Pekan Budaya 2011, Walaupun “Sekecil Upil” Tapi Sangat Membanggakan

            Dalam hati saya berkata kenapa bisa foto saya yang ditampilkan pada slide tersebut padahal banyak foto lain yang jauh lebih bagus hasil karya fotografer professional di Kota Palembang, justru itu kemudian menjadi jawaban saya bahwa kenapa foto saya yang digunakan karena saya adalah seorang fotografer amatir yang bekerja bukan karena uang melainkan hobi semata.  Tadinya saya masih sedikit ragu apa benar foto tersebut adalah foto saya, akhirnya saya foto gambar slide di projector tersebut sebagai barang bukti dan untuk saya bandingkan di rumah dengan karya asli saya, ternyata setelah dilihat komposisi dan angel foto itu menunjukan kepersisan 99,99% atau bisa dikatakan sangat peris dan dengan yakin saya berkata itu memang foto saya.

Gambar 11.  Bapak Walikota Palembang (Edy Santana Putra) Hadir Membuka Pekan Budaya, Festival Kuliner, Festival Fashion Dan Penyerahan Api Obor Sea Games 2011 Tadi Malam

Gambar 12.  Terlihat Banyak Sekali Tamu Kehormatan Yang Menghadiri Acara Pembukaan Pekan Budaya 2011

            Yang sedikit mengusik saya, padahal foto tersebut saya tampilkan ke dunia maya dengan label nama saya agar suatu saat apabila ada yang mencoba menggunakan karya saya sebaiknya izin dulu kepada sang empunya karya sebagai apresiasi atas digunakannya karya seseorang, namun sayangnya panitia pembukaan Pekan Budaya tersebut kurang menghargai hal tersebut, mereka mencaplok secara “illegal” karya saya, mereka justru menghilangkan label nama saya di foto karya saya yang mereka gunakan dalam slide tersebut tanpa meminta izin terlebih dahulu.

Gambar 13.  Para Tamu Kehormatan Dijamu Dengan Makanan Kelas Satu

 

Gambar 14.  Tampak Masyarakat Sekitar Begitu Antusias Melihata Bapak Walikota Palembang Membuka Secara Resmi Pekan Budaya, Festival Kuliner, Festival Fashion Dan Penyerahan Api Obor Sea Games 2011

Gambar 15.  Sampai Larut Malam Masyarakat Masih Ramai Menyaksikan Pembukaan Pekan Budaya Palembang 2011

            Memang hal ini amat saya sayangkan namun di sisi lain saya bangga karena karya saya terpilih dari sekian banyak karya orang lain yang jauh lebih hebat dan bagus, saya berprinsip walaupun pada Sea Games 2011 di Palembang tidak bisa ikut serta secara langsung menjadi Panitia Utama, LO atau seorang Volunteer (sukarelawan) sekalipun tapi saya tetap bangga karena karya saya ikut berpartisipasi dan dihargai pada Sea Games kali ini, setidaknya karya saya terpakai pada suatu acara yang juga digunakan untuk mensuksekan Sea Games di Palembang, bagi saya karya saya itu adalah perwakilan nyata diri saya pada Sea Games kali ini.

Foto karya saya adalah perwakilan diri saya dalam mensuksekan Sea Games 2011 di Palembang karena lewat foto saya ikut mempromosikan Palembang sebagai tuan rumah Sea Games ke 26 tahun 2011.

            Khalifah Abu Bakar pernah berkata, “Jangan tanyakan apa yang telah diberikan agama untuk anda, tapi apa yang telah anda berikan untuk agamamu”. Kemudian Presiden USA Kennedy mendompleng perkataan Sang Khalifah dengan berkata, “Jangan tanyakan apa yang telah Negara berikan untukmu, tapi apa yang telah kamu berikan untuk Negaramu”.  Kemudian sayapun turut mendompleng perkataan tersebut dengan berkata, “Jangan tanyakan apa yang Sea Games akan berikan untuk anda, tapi apa yang akan anda berikan untuk mensuksekan Sea Games di negaramu sendiri”.

Tinggalkan komentar

Filed under Berita UpDate

Tinggalkan Balasan

