JELANG LEBARAN 1433 H/2012 M DI KOTA PALEMBANG


JELANG LEBARAN 1433 H/2012 M DI KOTA PALEMBANG

(By Adrian Fajriansyah 17/08/2012)

Gambar 1.  Keadaan di siang hari pada bulan Ramadhan menjelang lebaran Idul Fitri 1433 H/2012 M, di kawasan Jalan TP (Tentara Pelajar) Rustam Effendi dan Jalan Beringin Janggut II, 17/18 Ilir, Palembang.

            Tidak terasa lebaran Idul Fitri 1433 H/2012 M akan datang dan tidak terasa pula kita telah berpuasa hampir sebulan penuh.  Bagi kaum muslim lebaran Idul Fitri adalah suatu hari yang sangat spesial dan besar, banyak makna dalam hari raya tersebut.  Makna pertama dari Idul Fitri adalah seorang muslim yang telah menjalankan puasa Ramadhan sebulan penuh dengan ikhlas dan hanya mengharapkan keridhoan dari Allah SWT, Insya Allah pada hari Idul Fitri akan dihapuskan semua dosa-dosa kita pada 11 bulan sebelumnya, Amiin ya Robbal Alamin.  Makna kedua adalah saat Idul Fitri manusia bagaikan seorang manusia yang “baru terlahir ke dunia” dengan kata lain manusia diibaratkan bayi, bayi yang baru terlahir ke dunia keadaannya bersih murni tanpa dosa.

            Untuk memaknai hari kesucian di hari raya Idul Fitri banyak sekali yang dilakukan oleh manusia untuk menyambutnya.  Ada banyak cara manusia dalam menyambut hari kemenangan tersebut. Pertama tentu adalah pulang kampung yang tujuannya untuk bersilahturahmi kepada sanak saudara dan orang tua yang ada dikampung, guna memohon ampun atas semua dosa yang telah dilakukan pada bulan-bulan sebelumnya.  Kedua membeli makanan dan minuman untuk menyambut tamu baik keluarga maupun tetangga yang akan datang berkunjung ke rumah, ini merupakan persiapan penting dalam lebaran di Indonesia khususnya, dengan makanan dan minuman yang beragam tersebut para tuan rumah merasa lebih siap dalam menyambut para tetamu yang akan bersilahturahmi ke rumahnya, sambutan yang luar biasa dari tuan rumah dan respon positif dari para tetamu merupakan salah satu kisah unik di hari lebaran.  Ketiga dalam menyambut hari di mana manusia kembali fitra atau kembali suci itu, banyak pula yang menyambutnya dengan membeli pakaian baru, dengan membeli pakaian baru dirasa memberikan nilai lebih dalam menyambut hari kemenangan lebaran, dengan pakaian baru hari kesucian akan menjadi lebih berkesan dan bermakna untuk sebagaian orang, khususnya orang-orang yang memiliki taraf hidup menengah ke atas. Tapi bagaimana dengan saudara-saudara kita yang jauh kurang beruntung? Mereka hanya bisa tawakal dan berdoa di saat sholat hari raya Idul Fitri, berharap kepada Allah SWT agar taraf hidupnya bisa lebih baik di tahun-tahun berikutnya, mungkin seperti itulah yang selalu mereka lakukan setiap tahunnya.

Gambar 2.  Keadaan kesemerautan disalah satu pusat perdagangan tradisional di Kota Palembang menjelang lebaran Idul Fitri 1433 H/2012 M tiba.

            Di Kota Palembang, saat jelang lebaran Idul Fitri semua pasar dan pusat perbelanjaan baik yang tradisional maupun yang modern penuh sesak oleh orang-orang yang akan menyambut meriah hari raya tersebut.  Salah satu pusat perbelanjaan tradisional yang selalu ramai di Kota Palembang, dan bertambah lebih ramai lagi saat jelang lebaran adalah di daerah yang jaman dahulu disebut dengan nama Jl. Kepandean hingga kemudian berubah menjadi Jl. Mailan sampai akhirnya menjadi nama yang dipakai hingga sekarang yaitu Jl. Tentara Pelajar (TP) Rustam Effendi.

            Di Jl. TP Rustam Effendi hampir semua keperluan masyarakat ada di sini dengan harga yang terjangkau, sehingga wajarlah kalau salah satu pusat perdagangan yang ada di Kota Palembang itu penuh sesak setiap hari.  Saat jelang lebaran Idul Fitri keramaian di daerah Jl. TP Rustam Effendi ini justru lebih membludak, orang-orang tumpah ruah hingga ke jalanan, baik pedagang maupun pembeli memenuhi seisi jalan, sehingga wajarlah Kota Palembang khususnya di daerah tersebut, selalu macet karena jalanan dipadati oleh ratusan atau bahkan ribuan orang dan kendaraan bermotor yang tumpah ruah di jalan.

            Banyak ragam yang diperjual belikan di daerah pasar tradisional Palembang daerah Jl. TP Rustam Effendi tersebut.  Ada yang menjual makanan tradisional Palembang seperti pempek, model, tekwan, kemplang, dan lainnya.  Ada juga yang menjual makanan yang banyak dicari untuk menyambut hari raya seperti hari raya lebaran Idul Fitri.  Bahkan gorden dan perlengkapan rumah lainnya dapat mudah untuk ditemui di pasar tersebut.  Untuk pakaian dan sepatu, baik untuk keperluan kasual, resmi dan keagamaan (pakaian gamis) dapat dengan mudah anda temui di sini dengan segala corak dan style yang keren serta tidak ketinggalan jaman, harga yang murah dan terjangkau serta kualitas yang tidak kalah dengan yang dijual dipusat perbelanjaan modern, merupakan daya tarik bagi pembeli yang datang berbondong-bondong ke daerah Jl. TP Rustam Effendi tersebut.

            Saya sendiri pun bila ingin berbelanja pakaian baru lebih senang untuk berbelanja di pusat perbelanjaan di daerah Jl. TP Rustam Effendi tersebut, karena di sana becokol banyak pusat perbelanjaan yang menjual pakaian dengan harga murah namun kualitasnya tidak murahan, adapun pusat perbelanjaan legendaris yang terdapat di kawasan itu adalah Gaya Baru, Bandung Store, Mega Ria, Dika, dan lainnya.  Pusat perbelanjaan legendaris tersebut sudah terkenal sejak jaman dahulu, bahkan sejak jaman ibu-bapak saya masih muda sekali pun, karena memang tempat-tempat tersebut sejak jaman dahulu sudah terkenal akan kualitas produknya yang bagus namun harganya terjangkau.

            Bila kalian ingin membeli pakaian baru ataupun makanan serta minuman untuk menyambut hari raya terutama hari lebaran Idul Fitri, silahkan untuk mencoba berbelanja ke pusat perbelanjaan yang berada di daerah Jl. TP Rustam Effendi tersebut.  Saya kira kalian, terutama pendatang baru di Kota Palembang tidak akan kecewah dengan kualitas dan harga yang ditawarkan oleh para penjual/pedagang di sana.

            Itulah sedikit kisah, bagaimana marak dan meriahnya orang-orang khususnya di daerah Palembang dalam menyambut hari raya lebaran Idul Fitri.  Hari raya lebaran Idul Fitri adalah hari kemenangan untuk umat muslim, di hari tersebut semua dosa kaum muslim yang telah menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan penuh dan tulus ikhlas akan di hapuskan oleh Allah SWT.  Umat muslim saat Idul Fitri bagaikan bayi yang baru dilahirkan tanpa dosa.  Ingat dalam menyambut hari raya bukan hanya pakaian baru dan makanan serta minuman nikmat yang kita siapkan.   Namun yang lebih penting adalah hati yang tulus ikhlas, khususnya dalam beribadah, jangan sampai setelah Ramadhan dan Idul Fitri kita kembali menjadi pribadi yang jelek dihadapan Allah SWT.  Pertahankan apa yang telah kita latih selama bulan Ramadhan, Insya Allah hidup kita akan selalu diridhoi oleh Allah SWT.  Amiin ya Robbal Alamin.

Dan perlu diingat dalam menyambut lebaran Idul Fitri tersebut, dengan pakaian baru Alhamdulillah namun dengan pakaian lama pun tidak apa-apa. Bahkan dengan pakaian lama kita dapat lebih menghargai teman-teman, suadara-saudara, dan orang-orang di sekitar kita yang jauh lebih tidak beruntung, yang jangankan untuk membeli pakaian baru dalam menyambut lebaran, untuk makan sehari-hari pun mereka kurang mampu.  Lebaran Idul Fitri dengan menghargai saudara-saudara, teman-teman dan orang-orang sekitar kita yang lebih tidak beruntung justru lebih bermakna dari sekedar pakaian baru dan makanan serta minuman yang nikmat di atas meja rumah kita.  Berlebaran dengan toleransi kepada saudara-saudara kita yang lebih tidak beruntung dari kita akan lebih indah rasanya.  Maknailah lebaran Idul Fitri dengan lebih berarti.  Salam dari saya Minal Aidin Walfaizin, mohon maaf lahir dan batin atas semua kesalahan dan khilaf saya dihari-hari sebelumnya.  Selamat Lebaran Idul Fitri 1433 H kepada semua saudara-saudara yang merayakannya.  Semoga Allah SWT selalu merahmati jalan hidup kita.  Amiin ya Robbal Alamin.

2 Komentar

Filed under Wisata Palembang

2 responses to “JELANG LEBARAN 1433 H/2012 M DI KOTA PALEMBANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s