Jumlah Kunjungan ke Museum Meningkat


Jumlah Kunjungan ke Museum Meningkat
(By Adrian Fajriansyah)

Beberapa Museum Mengalami Kenaikan Jumlah Pengunjung Jelang Akhir Tahun

Foto/Adrian Fajriansyah
Di musim liburan akhir tahun, jumlah kunjungan museum di kawasan Kota Tua meningkat, Jakarta, Sabtu (29/12).

Jelang tahun baru jumlah kunjungan ke beberapa museum di Kota Tua Jakarta meningkat dibandingkan pada hari biasanya. Peningkatan jumlah pengunjung selalu terjadi setiap akhir tahun saat libur sekolah.

Liburan Sekolah Akhir Tahun Dimanfaatkan Untuk Wisata Edukasi

 Foto/Adrian Fajriansyah
Utamanya para pengunjung museum di waktu liburan adalah para remaja yang masih duduk di bangku sekolah, Jakarta, Sabtu (29/12).

           Pengunjung yang datang beragam, yakni masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, dan turis mancanegara. “Para pengunjung umumnya berasal dari kawasan Jabotabek, tapi banyak juga dari daerah lainnya,” kata Supyadi, Staf Tata Usaha Museum Sejarah Jakarta (MSJ), Jakarta, Sabtu (29/12).

Menurut Supyadi, di masa liburan sekolah, dari Natal hingga menjelang tahun baru ini, jumlah kunjungan ke MSJ di atas 2.000 orang per hari. Sedangkan di hari biasa –bukan masa libur sekolah–, jumlah pengunjung sekitar 1.000 orang per hari.

Pantauan Kompas, umumnya pengunjung yang datang ke museum adalah para pelajar dan keluarga. Selain masuk museum, mereka rekreasi membentang tikar di bawah pohon sembari makan bersama dan ada pula yang asik berfoto ria. “Datang ke museum, selain mengisi waktu liburan, juga menjadi tempat edukasi –tentang sejarah– untuk para pelajar tersebut,” kata Supyadi.

Kenaikan jumlah pengunjung juga terjadi di Museum Bank Indonesia (MBI). Staf Program Publik MBI Zakiyah Egar Imani mengatakan, kalau hari biasa jumlah kunjungan lebih banyak tamu rombongan, sedangkan saat masa libur sekolah jumlah kunjungan lebih banyak para masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, dan turis asing yang datang perorangan. “Setiap libur sekolah pasti ada peningkatan jumlah pengunjung” kata Zakiyah.

Kenaikan kunjungan, tidak lepas juga karena berbagai acara yang diselenggarakan pihak museum untuk menarik minat pengunjung. Di Museum Bank Mandiri (MBM), Sabtu-Minggu selalu diadakan acara “Ngejam at Museum” dan acara seni lainnya. “Kami juga melakukan kerja sama dengan beberapa komunitas pecinta sejarah, untuk datang meramaikan museum,” kata Riski Gumilang, Staf Operasional MBM.

Di MSJ sendiri, dan beberapa museum di Kota Tua Jakarta yang telah diwawancarai, tidak ada rencana mengadakan acara saat malam tahun baru nanti. Hal tersebut, karena menghindari jumlah pengunjung yang membludak. “Museum tidak mengadakan acara saja biasanya pengunjung yang datang puluhan ribu –di halaman Kota Tua–. Kalau museum dibuka takutnya para pengunjung tidak bisa dikontrol,” kata Khasirun, Staf Koleksi dan Perawatan MSJ.

6 Komentar

Filed under Berita Dari Jakarta

6 responses to “Jumlah Kunjungan ke Museum Meningkat

  1. jAGA baik-baik Museum kita demi masa depan bangsa

  2. bang pertahan kan kreatifitas anak nusah dan bangsah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s