Mengisi Liburan dengan Wisata Edukasi


 

Mengisi Liburan dengan Wisata Edukasi
(By Adrian Fajriansyah)

Rombongan Keluarga Melakukan Rekreasi di Kota Tua Jakarta

Foto/ Adrian Fajriansyah
Suasana Kota Tua Jakarta jelang akhir tahun 2012, Jakarta, Sabtu (29/12).

Jelang akhir tahun 2012 (kemarin), beberapa museum di Kota Tua Jakarta ramai dikunjungi oleh pelajar, mahasiswa, dan keluarga. Wisata edukasi menjadi pilihan mereka untuk mengisi liburan akhir tahun ini.

            Museum dipilih oleh beberapa keluarga karena memberikan banyak wawasan, akses mudah dan tiket masuk murah. “Di museum kita bisa berekreasi dan memberikan edukasi sejarah kepada anak-anak,” kata Epi Lutfiah (42), rombongan keluarga dari Cikampek, saat diwawancarai Kompas, di Kota Tua Jakarta, Sabtu (29/12).

Banyak Pelajar Berwisata Edukasi          Foto/ Adrian Fajriansyah
Biarpun Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah) sedang diperbaiki, pengunjungnya tetap ramai, terutama dari kalangan remaja, Jakarta, Sabtu (29/12).

Rombongan keluarga Cikampek itu, berjumlah 23 orang, terdiri 9 ibu-ibu dan 14 anak-anak yang masih berstatus pelajar. “Berwisata ke museum ini untuk mengisi liburan akhir tahun anak-anak,” tutur Hj Yayah (44), salah satu rombongan keluarga Cikampek.

            Menurut salah satu pelajar sekolah menengah atas (SMA) Amelia (15), merasa senang menghabiskan waktu liburan akhir tahunnya dengan berwisata ke museum. “Di museum kita bisa menambah banyak ilmu dan wawasan, khususnya mengenai sejarah Jakarta,” jelas Amelia, ketua panitia rombongan keluarga dari Kampung Poncol, berjumlah 120 orang, terdiri 50 orang dewasa dan 70 anak-anak pelajar.

            Pantauan Kompas, beberapa museum di Kota Tua Jakarta, cukup ramai dikunjungi, khususnya para pelajar, mulai dari pelajar tingkat dasar hingga menengah atas. Beberapa dari mereka, memilih menghabiskan waktu liburan akhir tahunnya di museum karena bosan pergi ke mall.

“Di mall yang dilihat itu-itu saja, kalau ke museum bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru dan bisa kumpul dengan teman-teman juga,” kata Avin Hllyfah (15), salah satu pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jakarta.

Umumnya para pengunjung di Kota Tua Jakarta, khususnya pelajar dan mahasiswa yang diwawancarai, saat tahun baru memilih tidak ke mana-mana. Hal tersebut, karena adanya car free night, sehingga akses ke pusat keramaian saat malam tahun baru cukup sulit. “Tahun baru nanti kumpul bersama keluarga saja di rumah,” Nurul Shofah (19), salah satu mahasiswi universitas swasta di Jakarta.

1 Komentar

Filed under Berita Dari Jakarta

One response to “Mengisi Liburan dengan Wisata Edukasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s