Saatnya Lahat “Go Nasional”


Potensi Wisata

Saatnya Lahat ”Go Nasional”
(By Adrian Fajriansyah, Selasa, 02/04/2013)

Lahatku Ada di National Geographic Traveler Bulan April 2013

Upaya saya agar wisata Lahat bisa “Go Nasional”. Salah satu caranya dengan mempublikasikan potensi wisata Lahat melalui National Geographic Traveler edisi April 2013.

JAKARTA, Selasa (2/4) – Wisata di Sumatera Selatan bukan hanya Kota Palembang, Jembatan Ampera, Kain Songket, dan Pempek. Begitu banyak potensi wisata yang dimiliki daerah tersebut. Potensi wisatanya beragam dan tersebar dihampir seluruh wilayahnya. Terutama wisata alam, sangat mungkin menjadi andalan Sumsel.

Di Kota Lahat misalnya. Salah satu kabupaten di Sumsel itu, memiliki bentang alam berbukit-bukit nan indah yang masih asri dipenuhi hutan hijau. Selain kaya akan situs megalitikum, di balik belantara hutannya yang lebat, Lahat menyimpan ”harta karun wisata” yang sangat potensial, yaitu air terjun.

Di Lahat, kita bisa menemui cukup banyak air terjun dari yang sudah dijamah hingga yang belum terjamah manusia. Bahkan, sangkin banyaknya air terjun di sana, bisa jadi Lahat mendapatkan julukan ”daerah seribu air terjun”. Tak hanya berpotensi dari jumlah, pesona air terjunnya pun sangat indah, sehingga layak untuk dijadikan tempat wisata andalan.

Melihat potensi tersebut sungguh sayang bila disia-siakan. Untuk itu, saya sebagai putra keturunan Lahat berupaya membuat segala potensi wisata di Lahat agar bisa ”Go Nasional”. Salah satu caranya, berusaha mempublikasikan potensi wisata Lahat khususnya air terjun melalui majalah wisata terkenal di Indonesia, National Geographic Traveler.

Dan langkah awal saya untuk membuat wisata Lahat ”Go Nasioanl” dimulai lewat  NG Traveler edisi April 2013 (lihat foto utama tulisan ini). Pada edisi itu, saya mengangkat potensi wisata ”Air Terjun Bidadari Lahat”. Mengingat sejarah air terjun itu, pada tahun 1980an pernah dijadikan salah satu lokasi syuting film kolosal legendaris ”Si Pahit Lidah”, maka cukup layaklah daya tariknya untuk diangkat ke muka nasional.

Air Terjun Bidadari berada di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, berada sekitar 8 kilometer dari pusat Kota Lahat. Air terjun itu merupakan primadona wisata daerah tersebut. Untuk ke sana cukup mudah, kita bisa berjalan kaki sekitar satu jam dengan menjelajahi hutan dan mengikuti jalur sungai. Di saat cerah, pepohonan yang ada di sekeliling daerah tersebut memberikan keteduhan di setiap langkah kita. Sementara kicauan burung tak ubahnya hiburan musik. Adapun suara gemuruh air sungai memberikan efek relaksasi bagi pendengarnya.

Di daerah tersebut, ada sekitar lima air terjun. Air terjun pertama tingginya sekitar enam meter, kedua hanya satu meter dengan bentuk berundak-undak, ketiga kurang lebih delapan meter, keempat sekitar dua meter, dan terakhir destinasi utama kita: Air Terjun Bidadari. Air Terjun Bidadari memiliki debit air sangat besar, di mana jeramnya memiliki ketinggian mencapai 10 meter. Di bagian bawah jeramnya, terdapat sebuah telaga dikelilingi bebatuan koral yang berjejer alami.

Anda tertarik kesana, cara mencapai lokasi tersebut: bila dari Palembang, bisa menggunakan travel atau bus rute Palembang-Lahat di Terminal Karyajaya Palembang (sekitar Rp 50.000 per orang) dan minta turun di Desa Karang Dalam. Lama perjalanan sekitar tujuh jam. Alternatif, naik kereta api rute Palembang-Lahat di Stasiun Kertapati Palembang (sekitar Rp 15.000 per orang). Lama perjalanan sekitar enam jam. Dilanjutkan angkutan umum, seperti travel atau bus rute Lahat-Pagaralam, minta diturunkan di Desa Karang Dalam.

Pengalaman menyusuri air terjun tersebut akan menjadi pengalaman tambahan bagi anda yang senang berpetualang dan menyukai tantangan. Marilah berkunjung ke ”Bumi Seganti Setungguan” (motto Kabupaten Lahat). Tak ada salahnya menikmati keindahan wisata alam di negeri sendiri, kalau bukan kita yang menghargainya, siapa lagi?

33 Komentar

Filed under Berita Dari Jakarta, Wisata Kab Lahat

33 responses to “Saatnya Lahat “Go Nasional”

  1. wah…tujuh jam perjalanan ya…
    tapi pasti menyenangkan bisa lihat air terjunnya

  2. wah.. sering denger Lahat tapi baru tahu soal air terjunnya. Coba ada fotonya mas. lebih mantab bacanya. salam kenal ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s