Kamera Lubang Jarum (KLJ)


Kamera Lubang Jarum (KLJ)


Kamera Lubang Jarum adalah suatu cara untuk mengambil gambar atau memotret suatu obyek dengan menggunakan Kamera yang berlubang sebesar ujung Jarum. Wihhh kok bisaya? Bagaimana caranya…? Mau tau?, dalam kamera lubang jarum ini sebenarnya tidak hanya menggunakan Kaleng yang hanya dilubangi saja, akan tetapi dalam Kaleng ini diberi sebuah kertas yang sangat peka sekali terhadap Cahaya dan saat pemasangannyapun harus bersembunyi-sembunyi untuk menghindari terkenanya sinar matahari agar kertasnya tidak terbakar. Wihh kok kaya’ main petak umpet ajaya…. Yah memang beginilah, dalam kegiatan Kamera Lubang Jarum.

Setelah itu setiap anak harus berhati hati dalam mengambil obyek, karena jika mereka tida berhati-hati maka hasilnya juga tidak bagus. Ataupun jika mereka bergerak sedikit aja, maka Obyek yang akan ditangkap akan menjadi Buram dan berbayang bayang teng ting-teng tong. Dalam pengambilan obyek ini kita harus bisa bermain dengan firasat untuk menyesuaikan lama tidaknya kita mengambil gambar. Kamera ini tentu saja berbeda dengan Kamera jaman sekarang yang bisa digunakan dengan sekali potret dan hasilnya langsung jadi, tetapi jika dalam KlJ (Kamera Lubang Jarum) dalam mengambil sebuah obyek membutuhlkan waktu yang cukup lama sekita 45 menit sampai 60 menit. Tergantung dari kualitas cahaya yang ada, Semakin terang cahaya maka semakin cepat pula dalam mengambil sebuah obyek.

Langkah yang berikutnya adalah mencuci gambar. Dalam mencuci gambar ini ada 3 langkah atau bagian yang sangat penting (yang lebih komlit) demi mendapatkan kualitas gambar yang bagus. Dan dalam pengaturanya waktu harus sesuai dalam masing masing cairan. Nanti hasilnya berbeda dengan warna yang sebenarnya, Jika warna sebenarnya Hitam maka akan berubah menjasdi putih, dan sebaliknya jika warnanya putih maka akan berubah menjadi Hitam. Hal ini disebut gambar Negative. Aku juga lupa nih macam macam cairanya. Gpp ya…? Lebih baik kamu ikutan aja Nyoba Klj Alias Kamera Lubang Jarum. Pokoknya dijamin seru dieh…. ni aku kasih contoh hasil Pemotretan KLJ nya.

http://www.isanputra.co.cc/2008/11/kamera-lubang-jarum-klj.html

6 Komentar

Filed under Dunia Fotografi, Iseng-Iseng, Uncategorized

6 responses to “Kamera Lubang Jarum (KLJ)

  1. Anjani Sukma

    yang jual kertas negatif DIMANA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! BUTUH BANGET! YANG TAU TEMPATNYA LANGSUNG KOMENT PLIS! THANKS

  2. sugeng

    kalo cuci ftonya gmna gan cranya?trus alat dan bahannya ap aj?
    bls email aja di sugeng.prasetyo27@yahoo.co.id

  3. gmna ni cara membuat kamera lubang jarum gan?
    apa2 aja bahan nya?
    kertas yg sangat peka terhadap cahaya cth nya tu yg gmna gan?
    kertas apa nama nya?

    pengen coba ni gan

    • buatnya sesuai dengan inovasi dan kreasi kita gan,, terserah mau seperti apa bentuknya.. Untuk masalah kertas, bebas pakai kertas apa aja boleh, tapi disarankan gunakan kertas yang cukup kuat seperti karton dan jangan lupa setiap sisi kertas jangan sampai kemasukan cahaya sedikit pun oleh krn itu kita bisa menggunakan plester hitam atau bisa juga cat hitam untuk menutupi seluruh permukaan kertas agar gelap dan tidak tembus cahaya.. Kemudian jangan lupa membuat lubang jarumnya dari plat kaleng tipis, kita bisa menggunakan kaleng bekas minuman ringan yang dibolongi dg mengunakan jarum yg sangat tipis, membolonginya jgn terlalu besar asalkan sudah terlihat titik bolong sudah cukup krn apabila lubangnya terlalu lebar maka jumlah cahaya yg masuk ke dlm akan semakin bnyk sehingga gambar yg dihasilkan akan kurang baik atau bisa dikatakan over cahaya.. Dan yang paling penting anda harus memiliki film untuk mendokumentasikan foto yg ingin anda tangkap atau juga anda bisa menggunakan kertas foto sensitif cahaya yng bisa dibeli di tokoh cetak foto manual.. sekian saran dan info dari saya semoga bermanfaat, bila ada kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s