Taman Asri Dambaan Semua Warga


Wisata Taman

Taman Asri Dambaan Semua Warga

(By Adrian Fajriansyah, Minggu, 2 Juni 2013)

Taman asri semacam ini menjadi dambaan warga di tengah kebisingan kota, utamanya di Kota Jakarta. Pemerintah setempat harus berupaya memperbanyak teman asri seperti itu, demi kenyamanan warga kota.

Taman asri semacam ini menjadi dambaan warga di tengah kebisingan kota, utamanya di Kota Jakarta. Pemerintah setempat harus berupaya memperbanyak teman asri seperti itu, demi kenyamanan warga kota.

Pagi itu, di sebuah taman seluas 1 hektar, anak-anak asyik bermain sepak bola. Sementara orang-orang dewasa asyik bercengkerama sembari berkeliling taman atau duduk di kursi. Mereka tampak sangat menikmati aktivitas di lingkungan yang ternaungi pepohonan hijau nan rimbun dan diiringi nyanyian jangkrik. Mereka betah berlama-lama di sana.

Nama tempat itu ialah Taman Puspita Indah di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Letaknya persis di belakang Rumah Sakit Pondok Indah. Bagi para pekerja, taman itu merupakan tempat beristirahat sebelum ataupun sesudah bekerja. Menjelang pukul 12.00, taman itu ramai dikunjungi pekerja.

Andes (23), seorang karyawan kafetaria di RS Pondok Indah, selalu menyempatkan diri melepas lelah di Taman Puspita Indah. ”Suasananya tenang, teduh, dan bersih. Hampir setiap hari saya tidur dan makan siang di sini,” ujarnya, Minggu (2/6)

Taman ini dipenuhi pepohonan besar, tanaman yang indah, dan rerumputan yang tertata apik. Kondisinya amat terawat. Fasilitas di Taman Puspita Indah juga cukup lengkap. Ada tempat parkir motor, toilet bersih, pendopo luas, jalur berjalan kaki, tempat duduk, dan tempat sampah yang tersebar di semua wilayah. Keran air, tempat bermain anak-anak, lapangan bulu tangkis merangkap lapangan voli, dan lapangan sepak bola juga ada. Semua fasilitas itu bisa dinikmati secara gratis. Jadwal buka taman itu mulai dari pukul 06.00 hingga 20.00 setiap hari.

Tidak hanya untuk melepas lelah, Taman Puspita Indah juga menjadi tempat berbagai kegiatan oleh para pengunjung. Wahyu (40), warga Cipayung, Jakarta Timur, bahkan memilih Taman Puspita Indah sebagai tempat berkumpul dan belajar bersama.

”Di tempat saya tinggal, ada beberapa taman seperti ini. Namun, di sana fasilitasnya tidak selengkap di sini,” ujarnya. Zaldi (25) yang asal Tangerang pun berharap, fasilitas umum seperti Taman Puspita Indah ini lebih banyak lagi dibangun di Jakarta dan di Tangerang.

”Tempat terbuka hijau semacam ini sangat perlu bagi masyarakat karena bisa menjadi tempat berkumpul dan berekreasi. Kalau bisa, di setiap permukiman dan perkantoran harus ada taman,” harapnya.

Taman asri merupakan dambaan bagi warga kota sebagai oase di tengah kebisingan kota.

6 Komentar

Filed under Wisata Jakarta, Wisata Taman

6 responses to “Taman Asri Dambaan Semua Warga

  1. Yes, it is a very lovely garden, Adrian. I would love to visit there one day. I have relatives in Jakarta who I have never met.

  2. kak, kalau dilihat dari fotonya yang banyak bunga kana. kirain lokasinya di unsri. hehee..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s