Berkah dari Popularitas Klub Sepak bola


Berkah dari Popularitas Klub Sepak bola
Usaha Sablon yang Siap Melayani Semua Jenis Kreasi Konsumen
(By Adrian Fajriansyah 02/01/2013)

Usaha Sablon Makin Marak Dengan Bertambah Populernya Klub-Klub Sepakbola InternasionalFoto/Adrian Fajriansyah
Bertambah populernya klub-klub sepakbola internasional, membuat usaha sablon nama dan nomor punggung di kostum sepak bola semakin marak dan ramai, di Blok M Square, Jakarta, Rabu (2/1).

Sepak bola adalah olahraga terpopuler di dunia. Para pengemarnya antusias mengoleksi dan mengabadikan nama pemain idola atau nama mereka di kostum klub kesayangannya. Hal itu, menjadi berkah bagi usaha sablon, melayani semua jenis sablon keinginan pelanggannya.

“Omzet usaha naik drastis dari permintaan sablon nama dan nomor punggung di kostum klub sepak bola,” kata Ahmad Yazid Habibie (25), pegawai Elimusa Multimedia, salah satu tempat usaha sablon di lantai 5 Blok M Square, Jakarta, Rabu (2/1).

Awalnya tempat sablon tersebut, hanya melayani sablon gambar di kaos dan cetak gambar di canggir serta piring. Belakangan tempat itu, lebih sering melayani pesanan sablon nama dan nomor punggung di kostum sepak bola.

“Sablon nama dan nomor punggung di kostum sepak bola baru berjalan setahun belakangan, karena pengemar sepak bola semakin banyak dan ingin menyablon namanya,” jelas Agus Winarno (26), pegawai lainnya di Elimusa Multimedia.

Umumnya para pengemar klub sepak bola tersebut, datang untuk menyablon nama dan nomor punggung sesuai pilihan mereka sendiri. Mereka bangga jika menggunakan kostum klub sepak bola kesayangan yang bernamakan mereka. Namun, tidak jarang juga mereka menyablon nama pemain sepak bola idolannya.

Menurut para pegawai itu, penghasilan usaha sablon tersebut sekitar Rp 1-2 juta per hari dan sekitar Rp 30 juta per bulan. Seharinya ada sekitar 20-30 pesanan sablon nama dan nomor punggung di kostum sepak bola, dengan harga Rp 80.000 per kostum sepak bola.

Untuk menyablon nama dan nomor punggung sebuah kostum sepak bola memerlukan waktu sekitar 30 menit. “Kadang saya kewalahan karena banyaknya pesanan, dan para pelanggan inginnya cepat selesai,” tutur Yazid.

“Biasanya yang menyablon nama dan nomor punggung di kostum sepak bola itu adalah para langganan yang memiliki usaha menjual kostum sepak bola,” jelas Agus.

Langganan tempat itu, penjual kostum sepak bola asal Ciputat, Jakarta Selatan Wandy Erdian (26) mengatakan, dalam seminggu bisa 1-2 kali datang untuk menyablon di tempat tersebut. “Saat datang biasanya menyablon 2-5 nama dan nomor punggung di kostum sepak bola sesuai pesanan pelanggan,” terang Wandy, yang menjual kostum sepak bola secara online.

Sedangkan menyablon gambar di kaos dan cetak gambar di cangkir serta piring semakin berkurang kosumennya. “Sehari yang mencetak gambar di canggir atau piring hanya sekitar 6-7 orang dan menyablon gambar di kaos sekitar 2-3 orang per hari,” jelas Agus.

Harga menyablon gambar ukuran A4 jika kaos milik sendiri Rp 40.000 per kaos, jika dengan kaosnya Rp 70.000 per kaos. Menyablon gambar ukuran A3 jika kaos milik sendiri Rp 60.000 per kaos, jika dengan kaosnya Rp 95.000 per kaos. Harga cetak gambar di cangkir polos Rp 30.000 per cangkir, di cangkir berwarna Rp 40.000 per cangkir, dan di cangkir jenis bunglon Rp 80.000 per cangkir.  Harga cetak gambar di piring kecil Rp 60.000 per piring dan di piring besar Rp 100.000 per piring.

Umumnya, konsumen yang memesan sablon gambar di kaos dan cetak gambar di cangkir atau piring, menjadikan hasilnya sebagai hadiah. “Kalau cetak gambar sesuai desain sendiri hadiahnya menjadi lebih berkesan,” kata Eko Putra (20), pelanggang asal Simprug, Jakarta Selatan.

Tempat tersebut, memiliki peralatan yang cukup lengkap, yakni 1 buah mesin cutting untuk memotong polyflake bahan untuk sablon nama dan nomor punggung di kostum sepak bola, 1 buah mesin press untuk menyablon, 1 buah mesin mug untuk mencetak berbagai desain di canggir,  2 buah perangkat komputer untuk membuat semua jenis desain keinginan konsumen, masing-masing 1 buah printer untuk ukuran kertas A4 dan A3, dan tinta printer khusus jenis pigment untuk sablon gambar di kaos, serta jenis sublimation untuk mencetak berbagai desain di cangkir.

Dengan perlatan itu, tempat tersebut bisa mencetak semua jenis pesanan sablon, yang didesain dan diolah secara digital. “Kami seiap melayani dan membuat semua jenis pesanan keinginan konsumen,” kata Yazid.

Di kawasan Blok M Square cukup banyak usaha serupa. Akan tetapi, Yazid mengatakan, mereka tidak takut bersaing dengan tempat usaha lain. “Fasilitas yang kami miliki sangat memadai dan lebih baik dari tempat lain,” ungkap Yazid.

Tinggalkan komentar

Filed under Berita Dari Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s